Cegah Penyakit Jantung dengan Yoga

04 October 2018

Yoga adalah olahraga yang baru-baru ini menjadi trend. Meskipun terlihat santai dan ringan, tahukah kalian bahwa yoga ternyata bisa mencegah penyakit bahkan yang berbahaya seperti penyakit jantung?

Penyakit jantung adalah salah satu penyebab kematian terbesar di dunia. Di Indonesia sendiri tercatat sebanyak 35% kematian terjadi disebabkan penyakit jantung. Penyakit jantung sendiri bisa disebabkan oleh banyak hal. Mulai dari pola makan yang buruk, kolesterol, pola hidup yang tidak sehat, hingga faktor keturunan. Buat kamu yang ingin menjaga pola hidup yang sehat, olahraga ringan seperti yoga bisa menjadi pilihan. Menurut beberapa penelitian, yoga punya banyak manfaat terhadap kesehatan jantung, diantara manfaatnya adalah:

Meningkatkan aktivitas fisik

Aktifitas yang benar sebaliknya dapat menjaga kesehatan jantung.  Dalam suatu penelitian orang yang rutin melakukan yoga minimal selama 30 menit dua hari dalam seminggu memiliki tubuh yang lebih bugar, dan memiliki kesehatan jantung yang baik.

Pengelolaan stress tubuh

Yoga mengajarkan kita untuk menenangkan diri dengan pelatihan pernapasan sehingga menurunkan stess yang merupakan penyebab penyakit jantung.

Tekanan darah menjadi turun

Yoga juga mengajarkan kita untuk dapat mengelola diri sehingga menurunkan resiko hipertensi dan darah tinggi.

Detak jantung menjadi lebih teratur

Ketika detak jantung mengalami kelainan atau abnormal hal ini akan meningkatkan resiko penyakit jantung dan komplikasi. Seseorang yang sering melakukan yoga memiliki detak jantung yang teratur dan tekanan darah yang lebih rendah.

Nah, setelah membaca manfaatnya di atas, apakah sudah tertarik untuk ikut yoga? Tentunya hanya yoga saja tidak cukup untuk menjaga kesehatan, konsumsi makanan tiap hari juga harus diperhatikan, yoga yang baik dan bisa mencegah penyakit jantung adalah yoga yang disertai diet sehat.

 

Penulis: Iyan Satya
Sumber Gambar: freepik.com

Share On:

Related News

Resep Alami Bersuara Lantang ala Bung Jebret

04 October 2018

Kenapa Tidak Ada Cabor Yoga di ASIAN Games 2018?

03 October 2018

Menu Kalori Atlet ASIAN GAMES 2018

27 September 2018

Kulit Cantik Dengan Berlari

26 September 2018

Mau Terus Energik Saat Olahraga? Konsumsi smoothies, yuk...

25 September 2018

DASH Diet, Diet yang Paling Pas untuk Menjaga Kesehatan

21 September 2018