DASH Diet, Diet yang Paling Pas untuk Menjaga Kesehatan

21 September 2018

Diet DASH kepanjangan dari Dietary Approaches to Stop Hypertension sebenarnya diciptakan untuk meningkatkan kesehatan penderita tekanan darah tinggi, diet ini diciptakan oleh National Heart, Lung and blood Institute. Diet DASH diyakini mampu menurunkan tekanan darah serta kadar kolesterol jahat di tubuh, namun perlu diperhatikan bahwa diet DASH tidak dirancang untuk menurunkan berat badan meski di banyak kasus orang dewasa yang mengikuti diet DASH mengalami penurunan bobot tubuh dalam periode 8-24 minggu dibandingkan dengan yang menggunakan metode diet lainnya. Contoh perbedaan diet ini dengan diet lain adalah apabila di diet mayo fokus menghilangkan asupan natrium, maka di diet DASH tidak menghilangkan namun membatasi, di diet DASH natrium dikonsumsi hanya 2400 miligram saja atau satu sendok teh. Makanan tinggi serat, susu rendah lemak serta buah dan sayuran menjadi ciri utama diet DASH, selain itu konsumsi daging merah dan gula juga diperbolehkan dengan porsi terbatas.

Karena diet DASH erat kaitannya dengan pembatasan kadar-kadar makanan yang masuk dalam tubuh maka konsultasi ke dokter gizi menjadi mutlak dilakukan untuk menghindari kesalahan, namun sebagai contoh pembatasan nutrisi yang masuk dalam tubuh harian sebagai berikut : Lemak total 27% kalori, lemak jenuh 6% kalori, protein 18% kalori, Karbohidrat 55%, Kolesterol 150 mg dan serat 30 gram.

Diet DASH memang bisa menurunkan resiko terserang tekanan darah tinggi dan penyakit kolesterol, selain itu dengan diet DASH kita bisa mendapatkan asupan nutrisi yang baik dan terkontrol karena mengkonsumsi makanan yang tinggi serat dan makanan segar. Diet DASH juga menghindari makanan tinggi garam dan makanan kemasan. Selain dampak positifnya, diet DASH juga memiliki kekurangan yaitu diet DASH ini tidak diciptakan untuk program penurunan berat badan, berat badan yang turun hanya merupakan efek samping dari diet ini jadi bagi yang memang mengejar turunnya berat badan setelah mengikuti program diet ini harus kembali menimbang-menimbang pilihan dietnya. Kekurangan lainnya dari diet DASH adalah konsumsi serat tinggi bagi sebagian orang harus melalui proses penyesuaian diri terlebih dahulu, dalam proses itu bisa muncul perut kembung. Namun yang terpenting dari diet adalah konsistensi untuk menerapkan segala aturan dan batasannya demi hasil yang maksimal, dan diet DASH menjadi salah satu pilihan yang layak dipertimbangkan.

Penulis: Kukuh Pribadi
Sumber Gambar: Kompas.com

Share On:

Related News

Cegah Penyakit Jantung dengan Yoga

04 October 2018

Resep Alami Bersuara Lantang ala Bung Jebret

04 October 2018

Kenapa Tidak Ada Cabor Yoga di ASIAN Games 2018?

03 October 2018

Menu Kalori Atlet ASIAN GAMES 2018

27 September 2018

Kulit Cantik Dengan Berlari

26 September 2018

Mau Terus Energik Saat Olahraga? Konsumsi smoothies, yuk...

25 September 2018